Rabu, 08 Juni 2016

ALAT PERAGA BAHASA INDONESIA









KURIKULUM 2013
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KELAS VII SMESTER 1 DAN 2



Disusun Oleh:
 Hj.Cartimah, S.Pdi
NIP. 197105052007012032






MTsN MARGADANA KOTA TEGAL
TAHUN 2015/2016





Kata Pengantar


            Dalama pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, terdapat suatu konsep yang sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata. Pengertian konsep yang abstrak tersebut sulit dipahami siswa. Untuk itu guru memerlukan suatu media sebagai pendukung pembelajaran agar siswa dapat memahami pengertian yang abstrak tersebut. Salah satu meda yang efektif sebagai pendukung pembelajaran adalah dengan permainan. Permainan yang digunakan tentunya adalah permainan yang memperagakan atau menirukan suatu keadaan yang sebenarnya dari suatu konsep abstrak.
            Melalui permainan yang dirancang khusus, para siswa dapat mengalami sendiri secara langsung suatu kejadian sehingga konsep abstrak tersebut dapat dpahami. Pembelajaran melalui permainan juga sesuai dengan karakter peserta didik yaitu dunia bermain.
            Dalam permainan terjadi interaksi. Sehingga dengan permainan yang komunikatif dan integrative, akan mengantarkan siswa mencapai tujuan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yaitu, siswa dapat melakukan interaksi bermakna dengan bahasa secara alami.



                                                                                    Tegal,    Desember 2015
                                                                                    Penyusun


                                                                                   Hj. Cartimah, S.Pdi
                                                                        NIP. 197105052007012032


MEDIA PEMBELAJARAN KALIMAT
MENGAMATI GAMBAR BUTA AKSARA


A.      Tujuan
Siswa mampu berpikir imajinatif dan menulis Teks

B.     Cara Bermain
1.      Perlihatkan sebuah gambar kepada siswa yang mengandung berita
2.      Diskusikan peristiwa dalam gambar tersebut
3.      Mintalah kepada siswa untuk menceritakan dan menuliskan apa yang menjadi penyebab terjadinya peristiwa tersebut
4.      Jika siswa mengalami kesulitan, bantulah siswa dengan kalimat pembuka yang dapat menolongnya menuliskan Teks sesuai gambar.
Misalnya: Ada seorang anak perempuan.......
                 Waktu itu hujan lebat.........
C.     Alat Peraga








MEDIA PEMBELAJARAN KALIMAT
“YANG MANAKAH TEMPAT KU”

A.      Tujuan
Membedakan antara kata dan kalimat

B.       Cara Bermain
1. Disediakan sebuah kartu yang terdapat kolom kata dan kalimat. Salah satu kolom
    tersebut dikosongkan
2. Siswa diminta mengisi bagian yang kosong tersebut
C.   Alat Peraga
Kata
Kalimat
Sakit
..........
......
Surat ini akan dikirim
......
Aku menyayangi adik
......
Saya kena marah
Pandai
...........

Kata
Kalimat
Makan
Ayah sedang makan
......
Ibu memasak nasi
Tidur
.........
......
Ani berangkat sekolah
Mandi
...........

Kata
Kalimat
.......
Ibu pergi ke pasar
......
                                    Andi naik sepeda motor
Kakak
........
Sepeda
.........
Pandai
...........




MEDIA PEMBELAJARAN KALIMAT
“BOLA KATA”

A.      Tujuan
Siswa dapat membedakan kata benda, kata sifat, dan kata kerja

B.       Cara Bermain
1.      Guru membuat gambar bola dari kertas karton
2.      Gunting gambar tersebut dan beri nomer mulai dari 1, 2, 3, dst
3.      Tulis sebuah kata pada bola tersebut
4.      Mintalah kepada siswa menyebutkan bola manakah yang termasuk kata kerja, kata sifat, atau  kata benda

C.       Alat Peraga







Tidak ada komentar:

Posting Komentar