KURIKULUM
2013
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA
PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KELAS VII
SMESTER 1 DAN 2
Disusun Oleh:
Hj.Cartimah, S.Pdi
NIP.
197105052007012032
MTsN MARGADANA
KOTA TEGAL
TAHUN 2015/2016
Kata Pengantar
Dalama pelajaran
Bahasa dan Sastra Indonesia, terdapat suatu konsep yang sulit untuk dijelaskan
dengan kata-kata. Pengertian konsep yang abstrak tersebut sulit dipahami siswa.
Untuk itu guru memerlukan suatu media sebagai pendukung pembelajaran agar siswa
dapat memahami pengertian yang abstrak tersebut. Salah satu meda yang efektif
sebagai pendukung pembelajaran adalah dengan permainan. Permainan yang
digunakan tentunya adalah permainan yang memperagakan atau menirukan suatu
keadaan yang sebenarnya dari suatu konsep abstrak.
Melalui permainan
yang dirancang khusus, para siswa dapat mengalami sendiri secara langsung suatu
kejadian sehingga konsep abstrak tersebut dapat dpahami. Pembelajaran melalui
permainan juga sesuai dengan karakter peserta didik yaitu dunia bermain.
Dalam permainan
terjadi interaksi. Sehingga dengan permainan yang komunikatif dan integrative,
akan mengantarkan siswa mencapai tujuan pembelajaran bahasa dan sastra
Indonesia yaitu, siswa dapat melakukan interaksi bermakna dengan bahasa secara
alami.
Tegal, Desember 2015
Penyusun
Hj. Cartimah,
S.Pdi
NIP.
197105052007012032
MEDIA
PEMBELAJARAN KALIMAT
MENGAMATI
GAMBAR BUTA AKSARA
A.
Tujuan
Siswa mampu
berpikir imajinatif dan menulis Teks
B.
Cara
Bermain
1.
Perlihatkan
sebuah gambar kepada siswa yang mengandung berita
2.
Diskusikan
peristiwa dalam gambar tersebut
3.
Mintalah
kepada siswa untuk menceritakan dan menuliskan apa yang menjadi penyebab
terjadinya peristiwa tersebut
4.
Jika
siswa mengalami kesulitan, bantulah siswa dengan kalimat pembuka yang dapat
menolongnya menuliskan Teks sesuai gambar.
Misalnya: Ada seorang anak perempuan.......
Waktu itu hujan lebat.........
C.
Alat Peraga
MEDIA
PEMBELAJARAN KALIMAT
“YANG
MANAKAH TEMPAT KU”
A.
Tujuan
Membedakan
antara kata dan kalimat
B.
Cara
Bermain
1. Disediakan
sebuah kartu yang terdapat kolom kata dan kalimat. Salah satu kolom
tersebut dikosongkan
tersebut dikosongkan
2. Siswa diminta mengisi bagian yang
kosong tersebut
C. Alat Peraga
Kata
|
Kalimat
|
Sakit
|
..........
|
......
|
Surat ini
akan dikirim
|
......
|
Aku
menyayangi adik
|
......
|
Saya kena
marah
|
Pandai
|
...........
|
Kata
|
Kalimat
|
Makan
|
Ayah sedang
makan
|
......
|
Ibu memasak
nasi
|
Tidur
|
.........
|
......
|
Ani berangkat
sekolah
|
Mandi
|
...........
|
Kata
|
Kalimat
|
.......
|
Ibu pergi ke
pasar
|
......
|
Andi naik
sepeda motor
|
Kakak
|
........
|
Sepeda
|
.........
|
Pandai
|
...........
|
MEDIA PEMBELAJARAN KALIMAT
“BOLA KATA”
A.
Tujuan
Siswa dapat membedakan kata benda, kata sifat, dan kata kerja
B.
Cara
Bermain
1.
Guru
membuat gambar bola dari kertas karton
2.
Gunting
gambar tersebut dan beri nomer mulai dari 1, 2, 3, dst
3.
Tulis
sebuah kata pada bola tersebut
4.
Mintalah
kepada siswa menyebutkan bola manakah yang termasuk kata kerja, kata sifat,
atau kata benda
C.
Alat Peraga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar